Simak Sukses Gelaran DAC 2017

Simak Sukses Gelaran DAC 2017

Simak Sukses Gelaran DAC 2017

No Comments on Simak Sukses Gelaran DAC 2017

Minggu (12/3), Data Analysis Competition (DAC) 2017 sukses digelar. Kompetisi tahunan bertajuk analisis data ini diikuti oleh mahasiswa di tingkat Asean.Dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa Statistika (Himasta) dan Himpunan Mahasiswa Statistika Bisnis (Himadata) ITS, peserta DAC 2017 mencapai 300 tim pada babak penyisihan.

Analisis Statistika Komputasi Sebagai Dasar Pembangunan dan Pengembangan IndustriKreatif di Wilayah Asia Tenggara menjadi tajuk DAC kali ini. “Setelah ikut DAC, harapannya peserta tak hanya berorientasi sebagai pegawai dalam pemerintah, tapi mengembangkan statistika melalui ekonomi kretif,” ungkap Himawan Widia Canta, Ketua Panitia DAC 2017. Himawan juga berharap melalui DAC, akan lebih banyak mahasiswa ITS yang menggerakkan acara internasional lainnya.

DAC telah memulai penyisihan sejak Januari hingga Februari lalu. 30 tim terbaik melaju ke babak semifinal, Sabtu (12/3). Tak tanggung, DAC kali ini dimeriahkan oleh mahasiswa dari lima negara yang berbeda. Kelimanya adalah Kamboja, Vietnam, Malaysia, Singapura, dan Indonesia.

 

Ke-30 peserta disambut sejak Jumat (11/3) di Hotel Evora Surabaya. Semifinal kemudian digelar esok harinya di Laboratorium Departemen Statistika. Semifinal digelar dengan menganalisis data secara langsung. Gelaran Strolling Around Surabaya (SAS) pun disuguhkan pada peserta.

Menyaksikan sejarah kota Surabaya dari Tugu Pahlawan hingga De Javasche Bank menjadi hal yang menarik bagi peserta. “Kurang nyaman karena Surabaya panas, tapi overall suka karena baru pertama kesini,” tutur Thy pham peserta asal Vietnam.

Belum cukup sambutan oleh Departemen Statistika, Dinas Komunikasi dan Informasi Pemerintah Kota Surabaya pun turut menyambut peserta DAC malam harinya, Sabtu (12/3). Welcoming Dinner dilaksanakan di rumah dinas walikota Surabaya. “Acara ini merupakan kesempatan terbaik untuk mempromosikan Surabaya,” ungkap Agus Imam Sonhaji, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota Surabaya.

Keesokan harinya, babak final pun berlangsung dengan lima tim terbaik. Babak final dilakukan dengan presentasi tentang analisis data yang telah mereka selesaikan sehari sebelumnya. Penjurian diberikan langsung oleh tiga pakar statistic dari latar belakang instansi yang berbeda.

Ketiga juri tersebut yakni Dian Permanasari SST MIDEC, Kepala Sub Direktorat Metodologi dan Analisis Riset, Margareta Ari, Dosen Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS), dan Unung Istopo Hartanta SSi, Manager Data Mining PT Enciety Bussiness.

DAC 2017 kali ini dimenangkan oleh universitas asal Jogja. Universitas Gadjah Mada (UGM) menduduki empat kategori juara sekaligus. Keempat kategori tersebut yakni juara pertama, kelima, Best Poster, dan Best Presentation. Sedangkan juara kedua dan keempat diduduki oleh STIS dengan juara tiga oleh Institut Pertanian Bogor (IPB). (dza)

About the author:

Related Posts

Leave a comment

Back to Top