Agen Perubahan di Statistics Heroes Competition

“Bukankah mahasiswa adalah agen perubahan? Apakah kita sebagai mahasiswa yang dirubah? Disini, aku berdiri untuk mengubah”, sepenggal puisi yang dibacakan oleh salah satu finalis Statistics Heroes Competition.

Ajang Statistics Heroes Competition kembali digelar tahun ini. Hari Sabtu, 18 April 2015 kemarin, tiga finalis terpilih melaksanakan presentasi yang juga merupakan tahap lanjutan dari pemilihan juara Statistics Heroes Competition.

Kompetisi yang bertujuan untuk mencari mahasiswa berprestasi di tingkat Jurusan Statistika prodi S1 ini, dimulai secara bertahap. Tahap pertama dimulai dengan proses seleksi berkas peserta berupa CV dan karya tulis ilmiah. Pada penyeleksian berkas tersebut terpilihlah tiga finalis yang harus melanjutkan ke tahap berikutnya, yakni presentasi hasil karya tulis ilmiah. Ketiga finalis SHC 2015 tersebut antara lain Fefy Dita Sari, Jupita Ika, dan Riza Damayanti. Namun sangat disayangkan, salah satu finalis Riza Damayanti berhalangan hadir dalam presentasi kemarin, sehingga dinyatakan gugur dalam kompetisi.

Suasana presentasi dalam ruangan T102 berjalan dengan santai namun serius. Dengan menghadirkan ketiga juri yang berasal dari dosen Jurusan Statistika ITS, tak membuat nyali para finalis SHC pudar. Dengan semangat, mereka sampaikan presentasi karya tulis ilmiah masing-masing. Didahului dengan presentasi milik Fefy Dita Sari tentang karya tulis ilmiahnya yang menceritakan tentang kasus penyakit demam berdarah di Jawa Timur. “Statistika boleh salah, tapi statistika tak boleh bohong”, tutupnya pada akhir presentasi.

“Negara saya memerlukan saya untuk sharing, loving, and caring”, kalimat pembukaan yang dilontarkan oleh Jupita Ika dalam presentasi hasil karya tulis ilmiahnya yang berjudul Pendekatan Spline Angka Kematian Ibu di Indonesia. Dengan yakin, Jupita menyampaikan hasil presentasinya hingga akhir.

Statistics Heroes Competition tak berakhir sampai di sini saja. Pada bulan September, para finalis akan melaksanakan presentasi kembali untuk menentukan juaranya. (hnl)

IMG-20150418-WA0006

IMG-20150418-WA0007

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *