Basic Media Schooling (BMS) dengan Tema NAMASTE

BMS

Basic Media Schooling atau PJTD (Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar) merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Statistika Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya dengan sasaran yaitu mahasiswa baru Statistika ITS angkatan 2015 akan dunia jurnalistik dan desain tingkat dasar.

“Mahasiswa adalah jembatan antara masyarakat dan pemerintah”, kalimat tersebut sering kali dilontarkan oleh mahasiswa. Memang benar mahasiswa adalah jembatan antara masyarakat dan pemerintah namun, media yang dapat menjembatani antara masyarakat dan pemerintah adalah media jurnalistik. Jurnalistik sering dianggap sebagai penyalur aspirasi masyarakat kepada pemerintah. Untuk itu minat dan bakat mahasiswa mengenai jurnalistik seperti menulis, membaca dan mencari informasi perlu dikembangkan.

Jurnalistik sendiri melatih mahasiswa untuk berfikir tajam dan mampu mengungkapkan realita yang ada di sekitar dengan ulasan ulasan yang kreatif sehingga mampu menarik pembaca dari kalangan umum. Untuk itu HIMASTA-ITS dan Divisi Pers HIMASTA-ITS berkolaborasi untuk menyelenggarakan BMS atau Basic Media Schooling sebagai sarana untuk mengembangkan potensi dibidang jurnalistik.

Kegiatan Basic Media Schooling atau PJTD yang diselenggarakan HIMASTA-ITS ini berlangsung pada Sabtu, 14 November 2015 dari pukul 07.00 hingga pukul 16.30 Kegiatan ini diberi tema Namaste (News and Media of Statistics in Exploratory). Namaste sendiri berarti salam. Salam dapat diibaratkan sebagai  awal dari sebuah perjumpaan layaknya kegiatan Basic Media Schooling dan merupakan kegiatan pertama di Jurusan Statistika ITS.

BMS mengundang pemateri yang memiliki kemampuan di bidang jurnalistik, desain, fotografi dan videografi. Pemateri BMS yang pertama Dedy Puji Yanto dari Jurusan Sitem Informasi ITS Angkatan 2013 yang membawakan materi mengenai dasar desain, pemateri kedua adalah yaitu Akhmadi, mahasiswa Jurusan Desain Interior ITS Angkatan 2012 yang membawakan materi mengenai dasar jurnalistik, dan materi ketiga adalah materi fotografi dan videografi yang disampaikan oleh Ramadhan Firmansyah yang merupakan Alumni Mahasiswa Jurusan Desain Produk ITS.

Selain materi yang dibawakan ketiga pemateri, kegiatan mengadakan simulasi berupa gabungan materi jurnalistik dan fotografi. Simulasi ini dilakukan dalam bentuk wawancara beberapa narasumber yang terdiri dari mahasiswa Statistika ITS yang berprestasi di berbagai bidang sekaligus berpengetahuan dalam bidang-bidang tertentu. Pada kegiatan simulasi para peserta dibagi menjadi beberapa kelompok kemudian setiap kelompok mewawancarai narasumber dengan tema yang sudah ditentukan. Kemudian  peserta membuat video dan artikel dari hasil wawancara yang sudah dilakukan dengan narasumber tersebut.

Walaupun kegiatan Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar ini adalah pelatihan seputar jurnalistik yang pertama di jurusan Statistika ITS, namun kegiatan ini berjalan cukup lancar. Terlihat juga sepanjang beralangsunnya kegiatan ini, para peserta cukup antusias terhadap materi yang disampaikan dan mengikuti kegiatan dengan semangat hingga acara selesai.

Kegiatan Basic Media Schooling ini juga diharapkan dapat membentuk mahasiswa yang mampu mengelola dan menyampaikan informasi dengan baik melalu media yang ada dan memiliki pengetahuan jurnalistik yang luas. (fik)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *