DMC Sebagai Sarana Peningkatan Kemampuan Mengolah Data

DMC (Data Mining Course) adalah pelatihan tentang pengolahan big data untuk mendapatkan informasi secara mendalam bagi mahasiswa Statistika ITS dengan menggunakan software tertentu. Software R yang memiliki kemampuan pengolahan big data hanya dalam waktu hitungan satuan menit, menjadi software yang digunakan pada pelatihan DMC (Data Mining Course) tahun ini, 6 Oktober 2017 lalu. Agenda yang diselenggarakan oleh divisi SCC secara rutin ini resmi dibuka oleh Ibu Santi Wulan Purnami S.Si., M.Si selaku Sekretaris Prodi S1 Statistika ITS di Lab Q lantai 3 Statistika ITS .

Pelatihan DMC berlangsung mulai pukul 15.30 WIB s/d 17.00 WIB di Lab Q lantai 3 Statistika ITS dengan khidmat dan fokus. Pemateri yang diundang merupakan mahasiswa S2 Statistika ITS dengan materi awal pengenalan software R. “DMC (Data Mining Course) yaitu pelatihan tentang pengolahan big data untuk mendapatkan informasi secara mendalam bagi mahasiswa Statistika ITS dengan menggunakan software tertentu dan untuk DMC tahun ini lebih terfokus menggunakan software R”. jelas Shindi Shella selaku Ketua Divisi SCC. Ada 45 total peserta yang mendaftar dari mahasiswa Statistika ITS 2016 ke atas dimana telah memenuhi kuota peserta pelatihan.

Pemilihan software R sebagai aplikasi pengolah data pada pelatihan ini tentunya karena beberapa keunggulan dari R sendiri seperti free license sehingga banyak orang yang mengenal dan menggunakannya. “Pemilihan software R sebagai aplikasi yang digunakan karena kemampuan pengolahan big data hanya dalam hitungan satuan menit dan memuat package-package yang semakin membantu dalam mengolah data” lanjut Shindi Shella. Penyelenggaraan DMC ini akan sangat membantu mahasiswa S1 Statistika ITS dalam mengikuti lomba-lomba data mining ke depan. Sebagaimana tujuan dari pelatihan ini yang disampaikan oleh Ketua Divisi SCC 17/18 HIMASTA-ITS.

(nel/ihs)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *