Dua Warna Menjadi Satu dalam HBTN

Perpaduan antara warna biru dan hijau menjadi pemandangan hangat pada 11 September 2017 di ruang T 102 Departemen Statistika ITS. Dimana telah berlangsung acara HIMASTA-ITS Build The Network (HBTN). Acara yang menjadi salah satu agenda dari Departemen Hublu HIMASTA-ITS tersebut menghadirkan fungsionaris serta BPH dari Himpunan Mahasiswa Teknik Fisika (HMTF). Acara ini selain bertujuan untuk menjalin hubungan baik antar kedua himpunan, juga sebagai ajang bertukar pikiran terkait proker dan agenda masing-masing himpunan.

Kegiatan HBTN diwarnai oleh games teka-teki silang seru yang melibatkan semua anggota masing-masing himpunan. Permainan dengan 7 pertanyaan ini membuat suasana lebih cair dan seru serta mendapat perhatian yang sangat baik dari seluruh peserta. Selain adanya permainan interaktif yang berhasil membuat suasana lebih cair, acara malam ini berfokusan pada tukar informasi antara dua himpunan. HBTN diawali oleh presentasi dari perwakilan HIMASTA-ITS dan HMTF ITS untuk menjelaskan visi misi kepengurusan, dan penjelasan tiap departemen serta program kerja maupun agendanya. “Dipilihnya HMTF sebagai partner dalam acara ini karena HMTF merupakan salah satu himpunan terbaik di ITS terutama dibidang keilmiahannya.” jelas Dora penanggungjawab dari HBTN ini.

Selanjutnya acara disusul dengan forum group discussion sesuai dengan departemen di beberapa tempat di area Plaza T Depatemen Statistika ITS. Tiap kelompok terdiri dari 2 hingga tiga departemen maupun divisi dengan ranah yang sama. Diskusi ini bertujuan untuk penyempitan ranah dan pendalaman proses penggalian informasi dan bertukar pikiran antar dua pihak. “HBTN kali ini terlihat lebih akrab saat proses diskusi karena sebelumnya ada games yang membuat suasana cair.” Tutur Dora saat ditanya tentang kesan HBTN pertama di tahun kepengurusan ini.

Dalam satu tahunnya departemen Hublu berencana untuk melakukan kegiatan ini sebanyak empat kali dengan himpunan lain di ITS, dan mencoba melakukan HBTN dengan salah satu himpunan di luar ITS. Harapannya, acara yang ditutup dengan dikumandaangkannya Mars Vivat dari masing-masing jurusan ini, dapat menjadi langkah awal menjalin hubungan baik dan  di kemudian hari bisa terciptanya kerjasama antar dua himpunan. (ang/ihs)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *