ISCO 2017: REVOLUSI DATA SEBAGAI DASAR PENENTU KEBIJAKAN

ISCO (Indonesia Statistics Conference & Olympiad) merupakan acara tahunan yang pertama kali diadakan pada tahun 2015. Tahun ini ISCO dilaksanakan selama tiga hari, tepatnya pada tanggal 8 hingga 10 September 2017. Pada hari pertama rangkaian acara dimulai pada pukul 18.00 dimana para peserta berkumpul di Gedung AMEC kampus UNAIR. Acara yang dilangsungkan pada malam hari itu terlihat cukup meriah, para peserta terlihat antusias untuk mengikuti Grand Opening yang menjadi acara pembuka ISCO 2017. Diawali dengan tarian tradisional, dilanjutkan menyanyikan lagu Indonesia Raya, kata sambutan, kemudian makan malam, dan diakhiri oleh penutup.

ISCO sendiri pertama kali diadakan pada tahun 2015 di Bandung, dengan IPB dan STIS sebagai penyelenggaranya. Pada tahun 2017, ITS dan UNAIR ditunjuk sebagai penyelenggara acara ISCO yang ketiga.  Ada tiga sub-acara yang menghadirkan peserta olimpiade pelajar SMA dan mahasiswa dari  berbagai daerah. Tiga sub-acara itu adalah IOS (Indonesia Olympiad Statistics), IRC (Indonesia Research Competition), dan ISC (Indonesia Statistics Conference). IOS diikuti oleh para pelajar SMA, sedangkan IRC dan ISC diikuti oleh para mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi ternama di Indonesia.

IOS, IRC, dan ISC diselenggarakan pada hari kedua dimana para peserta ditempatkan di tiga tempat berbeda. IOS dilaksanakan di Gedung UPMB ITS, IRC dilaksanakan di Ruang Sidang lantai 4 Statistika ITS, dan ISC dilaksanakan di aula perpustakaan ITS lantai 2. Lomba dimulai sejak pagi sekitar pukul tujuh hingga sore hari.

Memasuki acara puncak pada hari ketiga, seminar nasional ISCO 2017 yang bertempat di Auditorium Bung Tomo RRI Surabaya ini dihadiri oleh para pembicara hebat, beliau adalah Bapak Dr. Kecuk Suhariyanto (Kepala BPS RI), Bapak Drs. Suyoto, M.Si. (Bupati Bojonegoro), Ramda Yanurzha (Research Data Scientist RTI International), dan Bapak Edi Santoso (Ketua Dinas KOMINFO Jawa Timur). Seminar nasional ini bersifat talk show yang dimoderatori oleh Revindia Carina. Bahasan yang diangkat saat talk show yakni tentang pengelanan BPS dan revolusi data sebagai dasar penentu kebijakan. Salah satu pembicara pada siang hari itu juga membahas tentang betapa pentingnya statistika di dunia kerja. Sesi tanya jawab pun diadakan secara langsung dari peserta seminar kepada para pembicara, dimana sesi tanya jawab ini diharapkan bisa membuat peserta lebih memahami tentang data dan pengolahannya. (nis/wik)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *