Layanan Kesehatan Singgah di Statistika ITS

Sebagai salah satu upaya dari HIMASTA-ITS untuk menjaga civitas akademika Departemen Statistika agar dapat mengerti kondisi kesehatannya, Departemen Sosial Masyarakat HIMASTA-ITS pada hari rabu (22/11) mengadakan HIMASTA-ITS Health Care Center (H2C2).

H2C2 merupakan program kerja yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya oleh HIMASTA-ITS, terdiri dari kegiatan donor darah dan cek kesehatan gratis. Kegiatan ini dimulai pukul 08.00 WIB – 12.00 WIB dan bekerja sama dengan PMI Surabaya beserta PMI Lamongan. Kegiatan donor darah bertempat di MadPers Statistika ITS dan untuk cek kesehatan dilaksanakan di Taman Sigma.

Euodia selaku ketua pelaksana menyatakan bahwa respon yang diberikan oleh civitas Statistika ITS sangat baik terbukti satu jam sebelum kegiatan usai, kuota cek kesehatan gratis sudah habis dan bahkan terdapat civitas dari departemen lain yang mengikuti rangkaian acara H2C2 ini.

Sebenarnya, jumlah pendonor darah terbilang banyak yaitu berjumlah 70 orang akan tetapi terhalang dalam syarat untuk melakukan donor darah, seperti batas jumlah Hb ataupun tekanan darah yang kurang. Sehingga hanya 50 orang saja yang dapat mendonorkan darahnya di kegiatan ini. Berbeda dengan donor darah, karena cek kesehatan tidak terdapat syarat khusus sehingga banyak mahasiswa yang mendaftar dan merupakan kali pertama melakukan cek kesehatan. “Kegiatan cek kesehatan ini bagus banget, karena aku jadi tahu seberapa sehatnya aku sendiri”, ujar Tria Ayu Lestari salah satu peserta cek kesehatan dan merupakan mahasiswa tahun ketiga di Departemen Statistika ini.

H2C2 selanjutnya akan dilaksanakan pada Bulan Maret, dengan kegiatan yang sama tetapi dengan tempat yang berbeda. Untuk kegiatan donor darah akan dilaksanakan di Departemen Statistika ITS dan kegiatan cek kesehatan akan dilaksanakan di kampung binaan HIMASTA-ITS. Jadi ingat bulannya dan jangan lupa untuk jaga kesehatan agar dapat mendonorkan darah pada Bulan Maret nanti ya!

(iwe/wik)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *