LKMM Pra-TD FMKSD ITS Angkat Origami Sebagai Tema

Penerbangan balon merah muda menandai berakhirnya serangkaian kegiatan LKMM Pra-TD tahun 2017 di Fakultas Matematika, Komputasi, dan Sains Data (FMKSD) Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Acara yang diadakan selama 24-26 November ini hadir dengan wajah baru. Selain menjadi LKMM Pra-TD perdana bagi FMKSD ITS, pembaharuan juga dilakukan dari berbagai sisi, termasuk tema yang dibawakan.

LKMM Pra-TD FMKSD ITS kali ini mengangkat tagline “Origami”. Origami yang bermula dari kertas polos, diibaratkan sebagai mahasiswa baru 2017 yang masih dalam masa transisi dari status siswa menjadi mahasiswa, melalui pelatihan awal ini mahasiswa FMKSD ITS diharapkan mampu berkembang menjadi mahasiswa yang berbentuk indah seperti origami. Seperti dalam kegiatan LKMM seperti biasanya, LKMM Pra-TD FMKSD ITS ini menghadirkan pemandu-pemandu berpengalaman yang ada di ITS. “LKMM Pra-TD tahun 2017 ini lebih banyak menghadirkan pemandu dari luar fakultas namun tetap dalam satu institut agar mahasiswa baru mendapatkan ilmu lebih sebagai referensi untuk pengembangan diri mereka”, ujar Shindi ,salah satu pemandu pada LKMM Pra-TD FMKSD tahun 2017.

Kegiatan LKMM Pra-TD kali ini berlangsung selama tiga hari. Jumat, 24 November 2017 sebagai tonggak awal yang resmi dibuka oleh Kabem FMIPA ITS 2016/2017 dan berakhir pada Minggu, 26 November 2017. Selama tiga hari pelatihan tersebut, peserta yang berasal dari Departemen Matematika ITS dan Departemen Statistika ITS sangat antusias. Banyak dari mereka mengajukan pertanyaan kritis kepada pemandu   sebutan untuk pemberi materi sekaligus pembimbing pelatihan   sebagai respon aktif terhadap materi yang disampaikan. Meskipun hari sudah beranjak petang, peserta LKMM Pra-TD 2017 tak berkurang semangatnya. Mereka tetap kritis dan tak kalah akan rasa kantuk. Selain itu, dalam pelatihan kali ini lebih mengedepankan kerjasama antar peserta.“Meskipun mereka berbeda departemen tetapi mereka tetap satu fakultas dan satu institut dan diharapkan mampu bergaul antara peserta yang satu dengan yang lain, jadi kerjasama menjadi salah satu poin pentingnya”, jelas Shindi.

Cuaca yang tak menentu bukan menjadi penghalang untuk menurunkan semangat seluruh elemen yang terlibat dalam LKMM Pra-TD perdana FMKSD ITS. Selama tiga hari pelatihan tidak ada satu kendala yang berarti. Serangkaian kegiatan yang telah dirancang tereksekusi sesuai rencana dan berakhir dengan pelepasan apik balon merah muda oleh peserta pelatihan. Dengan diadakannya LKMM Pra-TD FMKSD ITS tahun 2017 diharapkan mampu mencetak  kader-kader yang memiliki nilai kreatif, inisiatif, kontributif, dan solidaritas.

(als/ihs)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *