OKKBK 2017: GERBANG AWAL SEBAGAI MAHASISWA STATISTIKA

Orientasi Keprofesian dan Kompetensi Berbasis Kurikulum (OKKBK) merupakan kegiatan wajib bagi seluruh mahasiswa baru ITS yang bertujuan untuk lebih mengenal jurusannya. Kegiatan yang dilaksanakan serempak oleh seluruh departemen di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya ini berlangsung selama empat hari sejak Selasa (22/8) hingga Jumat (25/8). Ini adalah akhir dari segala rangkaian acara mahasiswa baru setelah sebelumnya mereka telah mengikuti Informasi dan Pengenalan ITS (IPITS) dan Gerakan Integralistik (Gerigi).

OKKBK HIMASTA-ITS tahun ini mengangkat tema “The Beginning”, yang merupakan gerbang awal bagi mahasiswa baru untuk memulai petualangannya di Departemen Statistika ITS. OKKBK HIMASTA-ITS 2017 diawali dengan sambutan dari Tb. Elgi Faturahman selaku ketua HIMASTA-ITS 17/18 dan dibuka secara simbolis oleh Kepala Departemen Statistika ITS, Dr. Suhartono, dengan pemukulan gong. Mahasiswa baru yang telah terbagi menjadi 11 kelompok, mengikuti hari pertama OKKBK untuk mendengarkan pemaparan terkait wawasan departemen seperti pengenalan civitas academica dan departemen, kurikulum, dan lingkungan statistika.

Memasuki hari kedua dan ketiga OKKBK, mahasiswa baru dikenalkan dengan mahasiswa berprestasi baik dari sisi akademik, maupun non-akademik dari Departemen Statistika ITS. Peserta juga diajak untuk mengenal laboratorium apa saja yang ada di Departemen Statistika. Mahasiswa baru pun tak luput diberi materi keprofesian sebagai bentuk pengenalan terhadap lingkup kerja statistika dengan mengundang alumni Statistika yang sudah berpen galaman di dunia kerja yakni Bapak Romadlon. Untuk menggugah nurani mereka dalam hidup bermasyarakat, OKKBK HIMASTA-ITS 2017 turut menghadirkan Komunitas Sebung Surabaya dalam materi Hakikat Manusia yang diikuti Mahasiswa baru dengan antusias.

Berbeda dengan hari-hari sebelumnya, pada hari terakhir OKKBK HIMASTA-ITS 2017, peserta mengawalinya dengan berolahraga pagi di Lapangan T. OKKBK HIMASTA-ITS 2017 juga berusaha meningkatkan minat mahasiswa baru dalam berwirausaha dengan menghadirkan Nizar Dwi Wibowo, mahasiswa yang sukses dengan bisnis Kedai Kopi Kalamula miliknya. OKKBK HIMASTA-ITS 2017 ditutup melalui penampilan inaugurasi dari mahasiswa baru yang mengangkat perjuangan para pemuda pada zaman penjajahan.

Salah seorang mahasiswa baru, Aji Sukma Pradana, berpendapat bahwa serangkaian acara OKKBK ini sangatlah berkualitas dengan mendatangkan pemateri yang berkompeten. “Antusiasme peserta juga dirasa sangat baik dan mudah untuk dikoordinasikan” ujarnya. Mahasiswa baru asal Banyuwangi ini menambahkan, hal yang paling menarik dari OKKBK HIMASTA-ITS 2017 menurutnya adalah materi keprofesian karena menjelaskan tentang bagaimana peluang kerja di bidang statistika.

Dengan berakhirnya serangkaian kegiatan OKKBK HIMASTA-ITS 2017 ini diharapkan mahasiswa baru Departemen Statistika ITS mampu saling mengenal dan beradaptasi dengan baik di lingkungan Statistika ITS. Melalui tema “The Beginning” mahasiswa baru yang berasal dari berbagai daerah di seluruh Indonesia dapat bersatu padu sebagai pijakan awal sebelum nantinya melangkah bersama di Departemen Statistika ITS.   (deb/san)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *