OPENING SISI Kawah Pengabdian Masyarakat HIMASTA-ITS

 

Kamis, 07 September 2017, Departemen Sosial Masyarakat HIMASTA-ITS mengadakan pembukaan pengabdian masyarakat dari Departemen Statistika yang bertajuk Opening SISI. Acara ini dibuka pukul 19.30 WIB bertempat di Keputih Timur Pompa RT 02 RW 01 yang merupakan kampung binaan HIMASTA-ITS sejak dua tahun terakhir. Opening SISI turut diramaikan oleh kehadiran perwakilan ORMAWA KM ITS.

SISI (Statistics In Social Improvement) merupakan sebuah kegiatan sebagai bentuk pengabdian masyarakat dari Departemen  Statistika berupa pengajaran kepada anak-anak dan pelatihan untuk orang dewasa. Tahun ini merupakan tahun ketiga Departemen Sosial Masyarakat HIMASTA-ITS mengabdi di Kampung Binaan tersebut dengan titik fokus terhadap lingkungan Keputih Timur Pompa tersebut sendiri. “Kita merasa lingkungannya itu gersang jadi mau dirapikan lagi sama dengan melakukan penanaman biar kelihatan lebih sejuk. Lalu kita juga menjalin silaturahmi lebih baik lagi dengan warga kampung binaan agar permasalahan yang ada di kampung binaan dapat disampaikan kepada kita” jelas Nurul Rizqiyah, penanggung jawab SISI.

Opening SISI merupakan kegiatan rutin tiap tahun dari Departemen Sosial HIMASTA-ITS sebagai pembukaan resmi program SISI untuk satu tahun kedepan serta pengenalan Kampung Binaan HIMASTA-ITS kepada ORMAWA KM ITS yang menjadi tamu undangan. Rangkaian acara yang dimulai dengan pembukaan oleh MC dan ditutup dengan penampilan akustik ini berlangsung dengan lancar dan antusias dari adik-adik Kampung Binaan, mahasiswa Statistika ITS dan ORMAWA KM ITS yang hadir. Ditambah lagi pada acara ketiga yaitu games adik-adik Kampung Binaan terlihat sangat bersemangat dan senang dalam bermain tebak gaya, tebak lirik, dan estafet karet. ”Kegiatan Opening SISI ini menjadi kegiatan positif bagi adik-adik kampung binaan.” Ujar salah satu mahasiswa Statistika.

ORMAWA KM ITS yang hadir juga memberi kesan baik untuk kegiatan Opening SISI melalui rangkaian acara yang menarik. “Mengesankan” satu kata dari Damar Staff Sosial BEM FTI untuk Opening SISI kali ini. “Semangat untuk mengajar dan mengabdi adalah salah satu poin penting bagi kita untuk menjalankan  aktivitas sosial lewat hal yang menyenangkan. Paling tidak, bisa menjadi salah satu langkah pembekalan untuk generasi penerus bangsa dari aspek kepribadian dan mental.” Harapan Fraschiska Rizky Ketua Departemen Sosial Masyarakat HIMASTA-ITS.   (nel/ihs)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *