[PERS] PELATIHAN PKM GT/AI 2017

[PERS] PELATIHAN PKM GT/AI 2017

[PERS] PELATIHAN PKM GT/AI 2017

No Comments on [PERS] PELATIHAN PKM GT/AI 2017

Masa perkuliahan mungkin menjadi hal yang berat bagi setiap mahasiswa baru yang baru saja memasuki kehidupan perkuliahan. Banyak mahasiswa yang tidak siap dengan kehidupan kampus yang notabene jauh berbeda dengan kehidupan sekolah sebelumnya. Untuk mengatasi hal tersebut, banyak kampus yang memfasilitasi adanya pembinaan khusus bagi mahasiswa baru, khususnya ITS.

Pembinaan mahasiswa baru di ITS biasanya difokuskan pada setiap jurusan. Pastinya masing-masing jurusan mempunyai cara tersendiri untuk membina dan mendidik mahasiswa barunya, baik secara langsung maupun tidak langsung. Salah satu contohnya adalah dengan memberikan pelatihan softskill kepada setiap mahasiswa baru agar bisa lebih berkarya di masa perkuliahannya, seperti yang dilakukan oleh Jurusan Statistika ITS. Pembinaan tersebut sepenuhnya dilakukan oleh Anggota Himpunan Mahasiswa Statistika ITS (HIMASTA-ITS) selama setahun ini.

Berbagai cara dilakukan oleh HIMASTA-ITS bagi mahasiswa barunya untuk melatih soft skill mereka di masa mendatang, salah satunya yaitu dengan mengadakan pelatihan. Seperti yang dilansir Tim PERS HIMASTA-ITS beberapa waktu lalu, pada hari Sabtu, 11 Februari 2017 telah diadakan sebuah pelatihan tentang PKM GT/AI bagi mahasiswa baru Statistika ITS. Acara ini merupakan proker dari Departemen Keilmiahan HIMASTA-ITS 2017/2018 yang memang setiap tahun selalu dilaksanakan. Ketika ditanya mengapa HIMASTA-ITS harus mengadakan pelatihan tersebut, perempuan yang akrab disapa Roshi ini memberikan komentarnya. “Karena mereka masih baru dan belum mengenal PKM, maka wajib bagi kita untuk mengenalkannya. Selain itu juga karena salah satu ajang bergengsi mahasiswa adalah PIMNAS, maka kami berharap mereka bisa memberikan prestasinya dan membanggakan almamater khususnya Statistika” ujar Roshiku Ilmi Hidayati, Ketua Panitia dari acara pelatihan PKM GT/AI ini.

 

Acara yang berlangsung mulai pukul 07.00-14.00 WIB ini sama sekali tidak menyurutkan semangat para peserta saat menerima materi. Dari awal hingga akhir acara, para peserta terlihat sangat antusias dan acara tersebut berjalan sangat khidmat. Semua pemateri juga terlihat sangat terampil dalam berpresentasi sehingga para peserta pun dibuat terpukau. Beberapa materi yang sulit dipahami disajikan sedemikian rupa sehingga dengan mudah dipahami oleh peserta.

Keahlian pemateri yang diambil langsung dari Trainer ini tidak diragukan lagi dan memang patut diacungi jempol. Seperti yang dikatakan Rifda Zukhrufi Almas, seorang mahasiswa baru Statistika 2016 tersebut mengaku merasa senang dan dapat termotivasi untuk menulis dengan adanya pelatihan PKM GT/AI ini. “PKM GT/AI kemaren itu asik banget, kami diajari apa itu PKM GT/AI, gimana cara buatnya, sampai cara presentasi. Dan yang terpenting yaitu dapat memotivasi kami agar bisa berkontribusi untuk ITS salah satunya dengan menulis” ujar mahasiswa asal Surabaya tersebut.

Begitu juga halnya dengan Rifqi Rabbanie yang juga menjadi peserta pelatihan PKM GT/AI, dia mengaku jika Pelatihan PKM GT/AI ini memberikan informasi yang bermanfaat dan dapat memotivasinya untuk terus berkarya. “Saya mendapatkan banyak informasi seperti sikap saat presentasi, yang mana hal itu sangat berguna ketika kita memasuki dunia pekerjaan dan dapat membantu menunjang kemampuan menganalisis serta menyampaikan suatu data”. (zik)

About the author:

Related Posts

Leave a comment

Back to Top