Pelatihan PKM, Persiapan Awal untuk Emas PIMNAS-31

Surabaya- dimulai sejak hari Sabtu (7/10) pelatihan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) menjadi salah satu jalan awal memperkenalkan PKM untuk kalangan mahasiswa baru 2017. Pelatihan yang dilakukan dua hari berturut-turut ini dimulai pada pukul 13.00 setiap harinya. Hal ini dikarenakan pada hari Sabtu mahasiswa baru harus mengikuti kuliah tamu di pagi hari, dan GOM pada minggu paginya. Dimulai pada jam-jam yang kurang efektif menyebabkan suasana di awal  kurang kondusif. Maka panitia memutuskan untuk mengadakan game untuk menambah semangat dan mencegah kantuk.

Pada materi pertama, mahasiswa 2017 mendapatkan materi tentang  motivasi  dan pengenalan PKM secara umum serta penggalian ide. Pada materi ini dijelaskan tentang bagaimana memunculkan sebuah ide dengan menampilkan beberapa gambar permasalahan umum yang terjadi di Indonesia. Setelah itu mahasiswa 2017 diajak untuk melakukan simulasi pemunculan ide. Pada pelatihan PKM kali ini diberikan enam materi mulai dari motivasi, pengenalan PKM dan penggalian ide, PKM-P, PKM-KC dan PKM-T, PKM-M dan PKM-K, PKM-GT/AI,  dan terakhir format penulisan PKM.

“Acara seperti ini sebenarnya merupakan acara wajib tiap tahunnya. Namun pada tahun ini ada yang berbeda karena antara PKM 5 bidang dan GT/AI diajarkan dalam waktu bersamaan. Tujuan utama dari acara ini adalah mengenalkan mahasiswa Statistika ITS pada PKM 5 Bidang dan GT/AI. Serta memberikan pembekalan untuk mahasiswa baru tentang tata cara penulisan PKM.” jelas Rezkiana sebagai ketua pelaksana acara pelatihan PKM. Pada pelatihan PKM ini selain mengadakan simulasi secara sederhana di kelas, nantinya mahasiswa baru juga mendapatkan tugas untuk membuat PKM bersama anggota timnya serta adanya asistensi untuk penilaian PKM tiap kelompok. Hal ini bertujuan agar ilmu yang mereka dapatkan bisa langsung mereka terapkan dan natinya mereka bisa kirimkan untuk dilombakan pada tingkat nasional.

“Harapannya dengan adanya acara ini maka dapat memunculkan mahasiswa-mahasiswa Statistika ITS yang dapat menuliskan PKM 5 Bidang dan GT/AI.”  sambungnya. Sayangnya acara yang sangat penting ini hanya berjalan sangat singkat karena menyesuaikan  waktu yang tersedia, jadi materi yang diberikan kurang mendalam.

(ang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *