Pelatihan Surveyor “Being A Competent Surveyor In Information Development Era”

Minggu, 22 Oktober 2017 telah diadakan Pelatihan Surveyor dari Divisi PSt (Professional Statistics) HIMASTA-ITS. Pelatihan yang dilaksanakan di Departemen Statistika ITS pukul 07.00 ini, rutin diadakan setiap tahun dengan target peserta mahasiswa baru. Pelatihan ini dibuka dengan sambutan dari Tb. Elgi Faturahman S. selaku ketua HIMASTA ITS 2017/2018 serta Ibu Kartika Fithriasari selaku sekretaris Departemen Statistika ITS dan diisi oleh pemateri dari alumni Departemen Statistika ITS.

Febrianto yang juga alumni Departemen Statistika ITS angkatan 2008 ini mengisi materi pertama. Febrianto mengenalkan para peserta pelatihan tentang apa itu survei beserta metode dan teknik pengambilannya. Materi ini sangat penting sebagai pengenalan awal untuk mahasiswa baru Departemen Statistika ITS 2017. Sebab mahasiswa statistika harus bisa dan siap untuk menjadi surveyor dan mengolah data yang telah disurvei.

Arma Vieyya Maulidha yang juga merupakan alumni Departemen Statistika ITS mengisi materi kedua. Pria yang kerap disapa Arma ini membicarakan tentang bagaimana cara membuat kuesioner, bagaimana etika bersurvei, dan cara pengambilan data sehingga mahasiswa baru Departemen Statistika ITS 2017 bisa lebih paham dan dirasa siap bila harus melakukan survei di lapangan. Tidak hanya itu, pemateri juga menceritakan tentang pengalaman selama melakukan survei dan apa saja kendala yang dihadapinya.

Seperti pada pelatihan-pelatihan sebelumnya, para mahasiswa baru Departemen Statistika ITS 2017 melakukan simulasi dimana mereka mencari dan mensurvei responden yang ada di sekitar lingkungan Departemen Statistika ITS. Simulasi ini bertujuan agar para mahasiswa baru Departemen Statistika ITS 2017 siap dalam menghadapi berbagai macam responden yang hendak disurvei dan tahu cara menyikapi responden yang terkadang sulit diminta untuk disurvei.

Reza Agni Pradita, selaku ketua pelaksana Pelatihan Surveyor mengatakan, “Di pelatihan surveyor ini mereka akan tahu bagaimana seluk beluk dunia surveyor dan bagaimana mereka mengetahui data yang benar-benar mereka butuhkan. Di sini juga ada simulasi dan penugasan, jadi kita mengarahkan mahasiswa baru untuk mengaplikasikan ilmu yang mereka dapatkan di pelatihan surveyor ke kehidupan nyata.”

Reza pun menambahkan, “Harapannya untuk peserta pelatihan surveyor ini mereka bisa mengaplikasikan ilmunya dengan lebih tertata rapi lagi di semester depan dan pelatihan surveyor ini sudah menjadi perbekalan bagi mereka untuk dunia kerja nanti.” Acara ini ditutup dengan pengenalan Divisi PSt (Professional Statistics) HIMASTA-ITS dengan harapan mahasiswa baru Departemen Statistika ITS 2017 bisa mengetahui lebih dalam apa itu Divisi PSt (Professional Statistics) HIMASTA-ITS dan peranannya di Statistika ITS.

(ans/ihs)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *