Pelatihan Surveyor dari Divisi Profesional Statistics

pelatsur PST

Sebagai mahasiswa Statistika tidak asing lagi dengan kata “survei”, suatu kegiatan di mana semua mahasiswa Statistika pasti pernah melakukannya. Pada hari Sabtu, 10 Oktober 2015 mahasiswa baru Statistika berkesempatan mengikuti Pelatihan Surveyor yang diadakan Divisi Profesional Statistics. Pukul 07.00 para peserta mulai berdatangan untuk registrasi terlebih dahulu. Setelah memasuki ruangan yang disediakan, Firdha Amelia T selaku ketua pelaksana memberikan sambutan dan dilanjutkan dengan M. Aris Ashari selaku ketua HIMASTA-ITS. Dan tidak ketinggalan pula Neni Alya selaku ketua divisi juga memberikan sepatah kata dan sedikit wawasan mengenai apa itu survei.

pelatsur PST

Materi pertama pada pelatihan ini adalah pengenalan survei yang disampaikan oleh Neser Ike Cahyaningrum. Neser merupakan alumni Satatistika ITS angkatan 2007 yang kini bekerja pada suatu lembaga research. Neser memberikan wawasan kepada peserta semua hal mengenai riset dan survei. Menurut Neser riset itu tidak hanya sekedar survei, tetapi dari tahapan perumusan masalah. Neser juga menjelaskan metodologi apa saja yang digunakan dalam survei serta larangan dalam survei. Setelah menjelaskan semua materi Neser pun membuka sesi tanya-jawab kepada peserta. Peserta pun tampak antusias melontarkan pertanyaan kepada pemateri. Begitu pun sebaliknya terkadang Neser mengembalikan pertanyaan kepada peserta untuk dijawab. Di sini terlihat bahwa beberapa peserta sudah mengetahui hal-hal seputar survei.

Materi kedua adalah pembuatan kuisioner yang baik dan benar. Di sini peserta diberikan penjelasan mengenai cara membuat kuisioner yang benar. Setelah semua materi tersampaikan tibalah saatnya peserta melakukan simulasi. Peserta dibagi menjadi 5 kelompok yang ditugaskan untuk membuat kuisioner. Topik pada kuisioner tersebut dibagi menjadi beberapa bidang, yaitu ekonomi, pendidikan, dan kesehatan. Setiap kelompok dipersilahakan memilih salah satu topik. Setelah membuat kuisioner para peserta melakukan simulasi survei kepada beberapa panitia mengenai topik yang dipilih. Kemudian peserta wajib untuk mempresentasikan hasil simulasi tersebut kepada peserta lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *