PKM 5 Bidang

PKM 5 bidang

Latar belakang adanya Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) adalah kesadaran penuh atas adanya kesenjangan antara teori yang diperoleh mahasiswa dengan realita kebutuhan masyarakat dan munculnya tuntutan masyarakat atas mutu lulusan perguruan tinggi yang mandiri dan siap mengantisipasi arah pengembangan bangsa (http://dikti.go.id). Selain itu, PKM yang lolos PIMNAS (Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional) merupakan kompetisi yang sangat bergengsi bagi mahasiswa di Indonesia karena mahasiswa diberi peluang dan tantangan tersistematis guna meningkatkan mutu kreativitas, mentalitas dan perilakunya untuk peningkatan mutu pembangunan bangsa dan negara.

Ramadhani Etika Wulandari selaku penanggungjawab kegiatan mengatakan, ”Pelatihan PKM lima bidang dilaksanakan demi menumbuhkan jiwa keilmiahan dengan inisiatif tinggi dalam pembuatan karya tulis ilmiah yang berkualitas dan bermanfaat bagi masyarakat luas, maka dari itu pembekalan pengetahuan dasar seputar PKM diberikan kepada mahasiswa baru Statistika 2015 sedini mungkin”. Acara Pelatihan PKM Lima Bidang yang diselenggarakan tanggal 4 Oktober 2015 merupakan serangkaian kegiatan yang difasilitasi Departemen Keilmiahan HIMASTA-ITS untuk memberikan informasi, motivasi, stimulan dan gambaran kasar dari PKM lima bidang agar membentuk karakter mahasiswa 2015 yang kreatif, inovatif dalam pembuatan PKM tahun selanjutnya.

PKM 5 bidang

Ada empat pemateri yang hadir menyajikan materi yang berbeda. Pemateri yang diundang tidak hanya berpengalaman dalam pembuatan PKM tetapi juga berhasil lolos PIMNAS. Sebelum mahasiswa 2015 mengikuti acara pelatihan, mereka ditugasi membuat dan mengumpulkan dua esai kepada panitia. Tujuh esai yang memiliki ide terbaik ditampilkan dan diberikan apresiasi atas hasil karya mereka. Penghargaan juga diberikan kepada mahasiswa yang teraktif dan peserta yang mampu merangkum semua materi selama pelatihan berlangsung.

Kegiatan Pasca Pelatihan (KPP) untuk mahasiswa baru Statistika 2015 terdiri dari pembuatan PKM lima bidang dengan syarat terdiri dari tiga anggota kelompok dan bebas menentukan jenis PKM yang akan dibuat. Tidak hanya membuat PKM, mahasiswa baru Statistika 2015 ditugaskan membuat majalah angkatan yang mengulas secara umum seputar permasalahan yang ada di lingkup ITS serta solusi yang dapat diberikan.

Melalui kegiatan pelatihan lima bidang ini diharapkan muncul output yang lebih kompeten di bidang keilmiahan, terutama pembuatan PKM lima bidang yang mampu lolos ke PIMNAS. Diharapkan pula mahasiswa baru Statistika 2015 mampu menjadi generasi penerus yang dapat mempertahankan nama baik jurusan Statistika dalam pembuatan Program Kreativitas Masyakat maupun ajang PIMNAS. (tya)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *