Safety Riding on Gugur Gunung ITS ke-7

Tahun ini, ITS kembali mengadakan kegiatan Gugur Gunung (G2) pada hari Sabtu (6/12/2014). Kegiatan Gugur Gunung yang diikuti oleh seluruh mahasiswa baru angkatan 2014 ini merupakan Gugur Gunung yang ke-7. Gugur Gunung pada tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya, karena pada tahun ini Gugur Gunung ITS mengangkat tema Safety Riding.

Sesuai dengan tema, kegiatan Gugur Gunung pada tahun ini tidak hanya melakukan kegiatan penanaman pohon dan membersihkan lingkungan saja, tetapi juga melakukan kegiatan pengecatan berm trotoar jalan di kampus ITS. Dengan diadakannya Gugur Gunung ini, diharapkan mahasiswa baru angkatan 2014 dapat menjadi pelopor keselamatan berkendara di kawasan kampus ITS dengan mematuhi 10 Safety Riding yang turut dikampanyekan, yaitu patuhi aturan dan rambu lalu lintas, utamakan bersepeda atau berjalan kaki, jangan melawan arus, 20 km/jam kecepatan maksimum, gunakan alat keselamatan berkendara, jangan menggunakan HP saat berkendara, nyalakan lampu sein ketika berbelok, jangan menyalip dari kiri atau di tikungan jalan, parkir pada tempat yang telah disediakan, serta berbagi jalan dan hormati pengguna lain.

Kegiatan Gugur Gunung ini dilaksanakan pada pukul 06.00 yang diawali dengan senam bersama di lapangan yang berada di depan Perpustakaan ITS. Setelah selesai senam bersama, acara dilanjutkan dengan sambutan-sambutan dan sosialisasi dari Gerakan ITS Bersepeda, Gerakan Sepuluh Ribu Tumbler, serta Gerakan ITS Berkebun. Seusai sambutan dan sosialisasi, mahasiswa baru angkatan 2014 sarapan bersama dan melakukan adu yel-yel antar jurusan.

Setelah selesai sarapan dan adu yel-yel, mereka diajak menuju ke teritori masing- masing. Dalam kegiatan Gugur Gunung kali ini, ada sembilan teritori dalam wilayah kampus ITS, yaitu jalan raya utama, Bundaran ITS, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, Masjid Manarul Ilmi, Rektorat, jembatan Jurusan Biologi, Perumahan Dosen, Fakultas Teknologi Kelautan, serta Gedung Robotika ITS.

Jurusan Statistika memperoleh spot di teritori 3 yaitu di Masjid Manarul Ilmi. Masing-masing dari mereka dibagi menjadi sebelas kelompok dengan pembagian tugas yang berbeda. Kelompok satu sampai lima memperoleh tugas mengecat berm trotoar sepanjang dua ratus meter, dengan ketentuan warna hitam dan kuning secara berselang-seling. Kelompok enam hingga sembilan memperoleh tugas membersihkan sampah yang berada di jalan, sedangkan kelompok sepuluh dan sebelas memperoleh tugas menanam 46 pohon yang berada di depan Gedung SCC ITS.

Dapat dilihat pada gambar dibawah ini dokumentasi acara Gugur Gunung ITS  ke-7.

IMG-20141206-WA0010IMG-20141206-WA0020IMG-20141206-WA0016

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *