SCENARIO (STATISTICS CARE HEALTH AND ENVIRONMENT)

3541988642736Statistics Care Health and Environment adalah salah satu program kerja dari departemen sosial masyarakat HIMASTA ITS yang bergerak di bidang lingkungan dan kesehatan. Donor darah adalah salah satu dari kegiatan Scenario yang bekerjasama dengan UKM KSR (Unit Kegiatan Mahasiswa Korps Suka Rela). Scenario ini ditujukan untuk mahasiswa Statistika ITS dan warga Kelurahan Keputih Timur RT 02 RW I Kecamatan Sukolilo dan Kelurahan Kejawan Putih Tambak RT 05 RW III Kecamatan Mulyosari.

3541992919672

Kegiatan ini dimulai sejak pukul 09.00 WIB yang dimulai dari registrasi peserta yang berminat untuk donor darah. Sejak awal registrasi peserta terlihat antusias mahasiswa yang registrasi. Kemudian dilanjutkan pemeriksaan pendahuluan seperti mengisi formulir, timbang berat badan dan pemeriksaan HB. Pada pemeriksaan pendahuluan ini cukup banyak mahasiswa yang tertolak disebabkan kadar HB yang rendah, kurang tidur adalah salah satu penyebab kadar HB rendah, terhitung Sembilan pendaftar pertama tertolak sebab kadar HB kurang dari 12,5g%. Setelah itu dilanjutkan pemeriksaan golongan darah lalu pemeriksaan dokter seperti pemeriksaan tekanan darah, riwayat medis dan pemeriksaan fisik sederhana. Setelah pemeriksaan dokter barulah pengambilan darah. Sehabis pengambilan darah para pendonor diberi hidangan ringan dan kartu donor. Beberapa dari pendonor yang terlihat sedikit letih setelah mendonorkan darah. Beberapa dari pendonor mengaku ini bukan pertama kalinya mereka mendonorkan darahnya. Meski mereka merasakan efek samping seperti pusing setelah mendonor tetapi itu tidak mengurangi niat mereka untuk mendonorkan darah sebab dengan mendonorkan darah para pendonor juga mendapat manfaat seperti mendapat pemeriksaan kesehatan gratis dan aliran darah yang menjadi lebih baik. Selain dari manfaat untuk mereka sendiri,dapat membantu orang yang membutuhkan darah adalah salahsatu alasan yang memotivasi para pendonor sesuai slogan dari PMI “ Setetes Darah Anda, Nyawa bagi Sesama”.

Sekitar pukul 13.00 WIB kegiatan donor darah selesai dilaksanakan. Sebanyak 76 orang mendaftar untuk mendonorkan darahnya. Setidaknya hanya 31 orang yang lolos untuk mendonorkan darah mereka.(bay)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *