SEKOLAH STAF SEBAGAI PEMBEKALAN HIMASTA-ITS DI AWAL KEPENGURUSAN

Regenerasi yang dipersiapkan oleh HIMASTA-ITS, kini tiba pada Kepengurusan HIMASTA-ITS 17/18. Upaya membentuk staf HIMASTA-ITS yang semakin matang salah satunya melalui pelatihan Sekolah Staf. HIMASTA-ITS tidak membiarkan anggotanya untuk menjalankan kepengurusan baru dengan tangan kosong.

Sebelum memulai kepengurusan baru, staf dibekali ilmu berorganisasi melalui sekolah staf HIMASTA-ITS yang diadakan kemarin (20/7) bertempat di Teater B ITS.  Kesempatan baik ini juga tidak disia-siakan begitu saja oleh para staf dan fungsionaris lainnya. Meskipun masih dalam masa libur semester, peserta tetap aktif dalam berinteraksi dengan pembicara dan antusias untuk mengikuti jalannya kegiatan yang dihadiri oleh 39 staf ini.

“Banyak ilmu yang bisa saya dapatkan mulai dari hakikat berhimpun, wawasan HIMASTA-ITS, administrasi umum, leadership and followership hingga desain. Menurut saya ini sangat penting sebagai bekal seorang staf yang akan memulai perjalanannya di kepengurusan HIMASTA-ITS 17/18. Sekolah staf ini bisa memberikan pencerdasan untuk staf diawal kepengurusan. Ini sangat baik untuk tetap dilanjutkan,” tutur Rifqi Rabanie salah satu staf HIMASTA-ITS.

Sebagai tahap awal kepengurusan, fungsionaris HIMASTA-ITS dibekali dengan materi-materi terkait kebutuhan mereka yang dapat mendukung kinerja HIMASTA-ITS selama kepengurusan kedepan dan bagaimana cara membentuk suatu kerjasama tim yang baik melalui materi Leadership and Followership.

“Tujuan diadakannya sekolah staf ini untuk mengenalkan HIMASTA-ITS lebih jauh kepada teman-teman staf, mengembangkan softskill teman-teman staf dalam bidang desain, juga menanamkan pentingnya memiliki jiwa kepemimpinan untuk kedepannya,” jelas Ratri selaku ketua pelaksana.

Sekolah staf merupakan kegiatan yang diberikan HIMASTA-ITS 17/18 kepada staf khususnya, sehingga dapat membantu kinerja mereka dalam melanjutkan tongkat estafet kepengurusan. Sekolah staf bertujuan sebagai pembekalan awal untuk menjadikan fungsionaris HIMASTA-ITS yang lebih matang dan siap menjalankan tugasnya di kepengurusan HIMASTA-ITS 17/18. Bentuk kegiatan ini berupa pemberian materi oleh pembicara, dan dilakukan sesi tanya jawab serta simulasi untuk mengetahui seberapa dalam pemahaman yang didapatkan oleh peserta. Kegiatan berjalan dengan baik sampai akhir acara, meskipun sempat ada beberapa kendala teknis.

“Harapannya, apa yang teman-teman staf dapatkan hari ini, baik itu tersirat maupun tersurat, akan berguna untuk berekspansi secara pribadi dan organisasi di kemudian hari,” pungkas Ratri.

“Menjadi sebuah tim bukan lagi membahas tentang siapa saya atau siapa anda. Tetapi siapa kita. Tinggal sejauh apa arti kata “kita”. Kita yang siapa anda atau kita bersama? Kita bersama yang akan membawa kepengurusan ini kearah yang lebih baik,” tutur Suto Guswanda dalam akhir materinya tentang Leadership and Followership. (yds/wik)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *