Selamat Hari Statistika Nasional

Selamat Hari Statistik Nasional

Selamat Hari Statistika Nasional the future statistician!

Selayaknya peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, kami para calon statistikawan handal juga melakukan peringatan Hari Statistika Nasional pada Minggu, 27 September 2015. Hari Statistika Nasional yang jatuh pada hari Sabtu 26 September ini diperingati dengan adanya kegiatan donor darah dan beberapa lomba seperti futsal, volly, catur dan badminton. Tidak hanya itu, pagi ini dilakukan upacara untuk memperingati Hari Statistika Nasional yang diikuti oleh mahasiswa Jurusan Statistika ITS baik program studi sarjana maupun diploma.

Upacara pagi hari ini dilaksanakan pukul tujuh pagi di lapangan T jurusan Statistika ITS dengan Rahmat Ramdhany sebagai pemimpin upacara dan Ibu Dra. Lucia Ardinanti, M.T selaku pembina upacara. Ibu Lucia selaku pembina upacara sekaligus dosen Jurusan Statistika ITS menyampaikan sedikit sejarah dan perkembangan Statistika di Indonesia. Selain itu, terselip juga harapan agar nantinya mahasiswa statistika mampu mengaplikasikan ilmunya dalam berbagai bidang.

Setelah upacara dibubarkan, mahasiswa Statistika wilayah empat yang terdiri dari wilayah Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara Barat mengikuti kegiatan bertemakan Statday atau Statistic Day yang diselenggarakan oleh IHMSI. Statday sendiri berisikan lomba-lomba seperti volly, futsal, catur dan badminton. Peserta lomba ini berasal dari HIMASTA-ITS, HIMADATA-ITS, HIMASTIKA UNAIR, HIMASTAF UNIPA dan HIMAMASTA UB.

Lomba catur, futsal dan badminton dilaksanakan pada waktu yang bersamaan yaitu pukul 09.00 WIB. Sedangkan lomba volly dilaksanakan pada pukul 15.00 WIB di lapanngan T jurusan Statistika ITS. Begitu pula dengan lomba catur yang dilaksanakan di taman sigma jurusan Statistika ITS. Sedangkan lomba badminton dan futsal dilakukan di luar area kampus.

Selamat Hari Statistik Nasional

Perayaan Hari Statistika Nasional tahun ini bisa dikatakan berbeda daripada perayaan tahun sebelumnya. Pada tahun sebelumnya perayaan Hari Statistika Nasional digabung dengan peringatan hari jadi jurusan Statistika dengan acara makan-makan bersama para dosen, karyawan dan mahasiswa Statistika di hari perkuliahan. Meski tidak dirayakan bersamaan perayaan Hari Statistika Nasional tahun ini dinilai cukup meriah dan meningkatkan peran aktif mahasiswa.

“Lumayanlah untuk refreshing dari penatnya perkuliahan,” ujar salah satu mahasiswi urusan Statistika. Meski belum banyak berkontribusi dalam berbagai bidang seperti yang diharapkan ibu Lucia dalam upacara Minggu pagi setidaknya mahasiswa Statistika berkontribusi dalam memeriahkan perayaan Hari Statistika Nasional tahun ini dengan mengikuti berbagai rangkaian acara yang diadakan HIMADATA-ITS sebagai tuan rumah maupun IHMSI. Bahkan HIMASTA-ITS menjadi juara umum dalam Statday yang dilaksanakan hari ini dengan menjuarai perlombaan badminton, volly dan futsal. Semoga para calon statistikawan handal ini mampu berkontribusi lebih ya ke depannya.(anw)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *