Sharing Dunia Kerja melalui Hello Alumni

Belasan mahasiswa statistika ITS mengikuti acara Hello Alumni di Gardena Homestay 6 November 2017. Acara yang menjadi salah satu agenda dari Departemen Hubungan Luar HIMASTA-ITS kali ini mendatangkan Bapak Sony Emanuel, alumni tahun 1981 yang bekerja di Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN),  sebagai narasumber. Hello Alumni kali ini menjadi salah satu wadah untuk mahasiswa Statistika  ITS yang ingin mengetahui tentang peran ilmu statistika di dunia kerja.

Dalam pertemuan itu Bapak Sony memberikan pesan bahwa sebagai seorang mahasiswa harus seimbang. Selain mengandalkan dasar kepemimpinan yang dimiliki saat bergabung dalam himpunan, terlibat dalam suatu proyek penelitian maupun survei lepas juga akan menjadi nilai tambahan saat melamar pekerjaan. Menurutnya peluang kerja lulusan statistika sekarang semakin luas. Di pemerintahan sendiri beberapa sektor membuka lowongan untuk lulusan statistika, selain itu lulusan statistika juga sekarang sama diperhitungkannya dengan jurusan lain. “Di BATAN sendiri banyak sektor yang membutuhkan statistisi didalamnya karena memang mereka mempunyai data yang sangat banyak namun tidak diolah, seperti pada bagian reaktor, limbah, bahan bakar, dan sektor lainnya.”

Sebagai lulusan tahun 1981 dan lulus dalam waktu 5 tahun, Bapak Sony memulai karirnya sebagai PNS. “Awalnya dulu ada lowongan statistik di batan, tes dan saya lulus. Tesnya nggak terlalu banyak dan mudah.” Setelah menjabat sebagai staff selama 5 tahun, jabatannya meningkat menjadi kepala bagian. “Kalau di pemerintahan menjadi kepala berarti ilmu yang kita dalami kurang terpakai tapi tetap dasar seperti logic think, analisa data masa lalu untuk mengambil keputusan pasti perlu. Seorang statistik tidak boleh alergi ilmu lain karena saat naik jabatan atau divisi pasti harus belajar ilmu lainnya.” Menurut beliau walaupun ilmu statistik semakin tinggi semakin pudar, namun ilmu statistik menjadi tangga untuk naik keposisi yang lebih tinggi. Selain itu sebagai pegawai harus ada solusi yang diberikan sebagai bentuk kontribusi terhadap perusahaan agar mendapat promosi jabatan. “Dulu saya mempunyai ide tentang sebuah program, menggandeng seorang ahli saya membuat sebuah program sehingga mengurangi beban manual.”

Penanggung jawab dari acara ini Putri Cinto B. M. E. Mengatakan, Hello Alumni kali ini menjadi salah satu wadah untuk mahasiswa statistika yang ingin tau tentang peran ilmu statistika di dunia kerja. Khususnya untuk mahasiswa yang ingin memilih BATAN sebagai tempat KP (kerja praktik) maupun yang tertarik untuk bekerja di BATAN. Selain itu, forum ini juga bertujuan untuk menjalin hubungan antara alumni dan himpunan serta sebagai wadah untuk melakukan sharing.

(ang/ihs)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *