STATION 2016

 

Station 1

Statistics Competition atau disingkat STATION merupakan salah satu sub acara dari serangkaian acara Pekan Raya Statistika ITS 2016. STATION sendiri yakni sebuah kompetisi statistika tingkat nasional antar siswa SMA/sederajat. Kompetesi ini rutin dilaksanakan setiap tahunnya dengan mengusung tema yang berbeda namun tetap fokus pada penerapan ilmu statistika. Pada tahun 2016, STATION mengambil fokusan pada bidang ekonomi dengan megusung tema “Peran Statistika dalam Menciptakan Generasi Muda yang Kompetitif terhadap Peluang Usaha dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

Antusiasme para siswa SMA/sederjat sangat besar dalam mengikuti kompetesi ini. Tercatat sebanyak 2424 peserta ikut serta pada STATION 2016. Tidak heran jika peserta sampai membludak, karena STATION tahun ini dibuka di 18 region yang tersebar di berbagai kota besar yang ada di Indonesia. Region tersebut antara lain Surabaya, Jember, Bojonegoro, Gresik, Solo, Malang, Madiun, Kediri, Bogor, Mojokerto, Mataram, Jakarta, Bandung, Pamekasan, Semarang, Bali, Palembang, dan Makasar. Selain itu, STATION 2016 kali ini dimeriahkan dengan total hadiah sebesar 23 juta rupiah.

Setelah melewati tahapan penyaringan yang terdiri atas babak penyisihan, semifinal,  final, serta grandfinal, didapatkan jawara STATION 2016 yakni tim atas Aldo Bima Syahputra yang berasal dari SMAN 1 Depok. Disusul dengan juara 2 yakni tim atas nama Kevin Cesio dari SMAN 5 Bogor dan Rizqy Taufiqurrahman dari SMAN 2 Kediri. Serta juara 3 yakni tim atas nama Zumrotul Ayu Ningtyas dari SMAN 1 Blitar, Rachmi Auliani dari SMAN 1 Gresik, dan Benny Iswanto dari SMAN 2 Kediri. Selain itu, ada juga Best Analysis yang dimenangkan tim atas nama Benny Iswanto dari SMAN 2 Kediri, Best Strategy yang dimenangkan tim atas nama Aldo Bima Syahputra yang berasal dari SMAN 1 Depok, Best Theory yang dimenangkan tim atas nama Benny Iswanto dari SMAN 2 Kediri, serta Best Wall Mading dimenangkan tim atas nama Danah Rana dari SMAN 3 Malang.

 

Station 2 Station 3 Station 4 Station 5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *