STATISTICS DAY, Ramaikan Perayaan Hari Statistik Nasional 2017

Selasa (26/9) menjadi hari yang istimewa bagi masyarakat umumnya dan para statistisi Indonesia khususnya karena bertepatan dengan Hari Statistik Nasional. Terhitung 21 tahun sudah perundang-undangan mengenai BPS dan Statistik yang tertuang dalam UU No. 7 Tahun 1960 ditetapkan dan kemudian diperingati sebagai Hari Statistik Nasional. Hal ini membuktikan bahwa statistik memegang peran penting dalam pembangunan nasional. Berbagai lapisan masyarakat punya caranya masing-masing dalam merayakan Hari Statistik Nasional mulai dari sekedar meramaikan sosial media hingga mengadakan kegiatan khusus seperti yang dilakukan oleh HIMASTA-ITS selama empat hari berturut-turut.

Kali ini HIMASTA-ITS mengadakan Statistics Day, kegiatan ini terdiri dari beberapa perlombaan dan ditutup dengan apel Hari Statistik Nasional bersama dengan civitas akademik lainnya. Berbagai perlombaan seperti nyambel tomat, dragon tail, tarik tambang, dan menulis artikel tentang Statistika diadakan untuk melepas penat mahasiswa Statistika akan rutinitasnya di perkuliahan. Serta diharapkan melalui serangkaian kegiatan Statistics Day Competition ini rasa kekeluargaan tiap angkatan meningkat.

Di hari pertama (26/9) Statistics Day dibuka dengan perlombaan nyambel tomat yang diikuti oleh 3 angkatan. Tiap peserta telah disediakan alat dan bahan untuk membuat sambel dan kerupuk untuk menghabiskan sambel tersebut  lomba yang dilangsungkan di Lapangan T Departemen Statistika ITS ini cukup seru dan ramai meskipun diadakan seusai kegiatan perkuliahan. Hanya dalam waktu 3 menit angkatan 2014 mampu menghabiskan sambal dengan berbekal gorengan yang mereka siapkan sendiri dan berhasil menjadi pemenang dalam perlombaan ini.

Perlombaan selanjutnya adalah dragon tail dimana masing-masing angkatan menyiapkan satu tim yang beranggotakan 8 orang untuk menjadi peserta dalam pelombaan ini. Tiap tim akan melawan tim dari angkatan lain dan membentuk barisan menyerupai ekor naga. Orang pertama dalam barisan harus memasukkan bola ke dalam tas keranjang yang dipakai oleh orang terakhir tim lawan. Perlombaan berlangsung seru selama 3 babak dan dimenangkan oleh angkatan 2014.

Selain perlombaan di lapangan, ada juga perlombaan artikel yang dipublikasikan melalui media sosial masing-masing peserta. Lomba artikel dibuka mulai tanggal 26-28 September 2017 dengan mengusung tema besar yang diangkat Statistics Day yaitu Statistika Kerja Nyata untuk Indonesia. Cukup banyak artikel yang telah dipublikasikan. Salah satu artikel bertajuk “Informasi Tidak Didapat dari Sampel yang Tidak Mewakili Populasi” karya Rayhan mahasiswa Statistika 2017 cukup menarik perhatian dengan mengambil contoh tentang peranan data bagi perusahaan dalam mengambil kebijakan. Ia menjelaskan bagaimana perusahaan besar layaknya Supercell Oy, induk dari game terkenal Clash of Clans, dalam menanggapi ribuan hujatan di forum resmi sosial media dari para penggemar game tersebut tentang kebijakan yang telah dibuat. “Dan kenyataannya, Supercell masih bertahan hingga sekarang. Karena informasi yang diperoleh adalah dari data yang akurat. Bukan dari opini forum. Bukan dari sampel yang tidak mewakili populasi. Bukan semata keputusan tidak berdasar,” ungkap Rayhan dalam artikel miliknya.

Jumat pagi (29/9) diadakan apel Hari Statistik Nasional sebagai penutup kegiatan Statistics Day yang dihadiri oleh seluruh mahasiswa 2017 dan civitas akademik. Apel dibuka oleh sambutan dari Ketua HIMASTA-ITS 2017/2018 dan kemudian dilanjutkan sambutan dari Bapak Sutikno selaku Ketua Program Studi Sarjana Departemen Statistika ITS. Dalam sambutannya Bapak Sutikno menuturkan bahwa momentum seperti ini menyadarkan kita sebagai insan statistik harus paham akan kebutuhan data karena sekarang kita sudah dibanjiri data. Bahkan dari pemerintah sendiri selalu melakukan evaluasi tiap harinya terhadap data yang terus masuk. Beliau juga berpesan sebagai insan pendidik para mahasiswa harus belajar secara optimal dan berbuat maksimal di masanya untuk keberhasilan di masa mendatang.

Kegiatan apel ditutup dengan pemotongan tumpeng yang dilakukan oleh Pak Sutikno secara simbolis dan memberikannya kepada Aji Sukma Pradana dan Awanda Yunita Rahma selaku perwakilan dari mahasiswa 2017 serta Tb. Elgi F. S. selaku Ketua HIMASTA-ITS 2017/2018 yang menandakan berakhirnya serangkaian acara perayaan Hari Statistik Nasional.

“Acara Statistics Day tahun ini cukup meriah karena seluruh mahasiswa Statistika turut andil dalam memeriahkan acara perlombaan hingga apel. Harapannya mahasiswa dapat lebih memaknai peran dan manfaat statistik untuk khalayak umum,” pungkas Moch. Trianto selaku panitia.

“Kegiatan ini harus dipertahankan sebagai upaya yang bagus untuk belajar statistik dan menanamkan kesadaran tentang statistik. Kegiatan akan semakin menarik bila dikemas dengan berbagai perlombaan yang menyenangkan seperti olahraga dan ilmiah yang berhubungan dengan statistik. Harapannya, sebagai orang statistik harus bisa menginspirasi masyarakat yang lain dan sebagai insan pendidikan harus belajar statistik yang baik dan benar sehingga nantinya dapat memberi kebermanfaatan dalam menyelesaikan persoalan yang membutuhkan statistik. Mudah-mudahan selalu ingat dan konsisten terhadap statistik atas apa yang sudah kita pelajari selama ini,” pungkas Bapak Sutikno.

SELAMAT HARI STATISTIK NASIONAL!

(yds/wik)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *