Tahun ke dua kuliahku di HIMASTA, kamu di mana?

WasimaskaTahun kedua seorang mahasiswa sudah seharusnya dihabiskan sebagian dalam sebuah organisasi. Menjadi seorang mahasiswa bukan berarti sekedar melanjutkan belajar dan menekuni bidang studi yang sudah dipilih tetapi juga memperkaya diri sendiri dengan banyak hal termasuk ilmu dari sebuah organisasi. Organisasi sendiri didefnisikan sebagai kelompok yang bekerjasama dalam mencapai tujuan tertentu. Dengan bergabung dalam organisasi seorang mahasiswa diharapkan mampu memaksimalkan kompetensi yang dimilikinya dan berkembang menjadi individu yang lebih baik.

HIMASTA-ITS sebagai sebuah organisasi atau himpunan mahasiswa memfasilitasi mahasiswa baru Statistika 2015 dengan memperkenalkan himpunan mahasiswa dan organisasi Statistika. Kegiatan berlabel WASIMASKA ini diadakan pada hari  Minggu, 22 November 2015. Tujuan diadakannya WASIMASKA yaitu memperkenalkan IKASTA-ITS atau ikatan alumni Statistika ITS, IHMSI dan himpunan mahasiswa Statistika ITS. WASIMASKA di bawah naungan Departemen PSDM ini diadakan  lebih cepat dari biasanya guna memperkenalkan dan mempersiapkan kader sejak dini dalam meneruskan kepengurusan HIMASTA-ITS sendiri.

WASIMASKA pada tahun ini menghadirkan Bapak Fachrudin selaku perwakilan dari IKASTA-ITS. Beliau menyampaikan sedikit banyak wawasan mengenai ikatan alumni Statistika ITS. Wawasan ini dianggap perlu bagi mahasiswa jurusan Statistika ITS angkatan 2015 karena IKASTA-ITS akan menjadi perhimpunan mereka ketika lulus nanti. Selain wawasan IKASTA-ITS, kegiatan hari minggu kemarin juga dihadiri Eza Putra dan Reynnaldi Wisnu selaku perwakilan dari IHMSI. Wawasan mengenai IHMSI tentunya sangatlah diperlukan bagi mahasiswa jurusan Statistika ITS angkatan 2015. Hal ini dikarenakan mereka sebagai mahasiswa Statistika tentu akan terhimpun di Ikatan Himpunan Mahasiswa Statistika Indonesia (IHMS). Mereka juga kelak yang akan menjadi penerus sebagai pengurus IHMSI. Dengan diberikannya wawasan dan pengetahuan mengenai IHMS ini tentu akan membuka pikiran mereka mengenaik IHMSI. Sehingga para pengurus sekarang tidak akan kesulitan mencari penerus-penerus mereka.

10584431058447

Selain IKASTA-ITS dan IHMSI, tentu yang tidak kalah penting adalah wawasan HIMASTA-ITS. Agenda ini di awali dengan pemutaran video company profile HIMASTA-ITS 2015/2016. Dalam video tergambarkan struktur kepengurusan HIMASTA-ITS 2015/2016. Setelah diputarkan video company profile, mahasiswa 2015/2016 dikelompokkan menjadi 14 kelompok. Kemudian setiap kelompok berjalan ke pos-pos yang tersebar di kawasan jurusan Statistika ITS. Setiap kelompok mendatangi 14 pos yang tiap pos nya berisi departemen dan divisi yang berada di HIMASTA-ITS. Di setiap pos mahasiswa angakatan 2015 di jelaskan secara mendetail struktur kepengurusan tiap departemen dan divisi. Selain itu dijelaskan pula program kerja serta agenda yang dilakukan departemen atau divisi tersebut. Tidak hanya penjelasan-penjelasan tersebut, setiap kelompok mengumandangkan jargon-jargon terbaiknya guna menambah semangat mereka. Setiap pos juga menyambut tiap kelompok yang datang dengan cara-cara yang kreatif. Tiap pos memiliki tema-tema dresscode. Tiap pos juga menyampaikan pemaparan proker dan agenda dengan cara-cara yang kreatif pula, seperti dengan mading, video, bahkan dengan miniatur lampu taman. Hal ini tentu membantu teman-teman angkatan 2015 dalam memahami apa yang dipaparkan, selain itu hal ini juga membantu menjaga semangat para mahasiswa angkatan 2015.

Harapannya setelah mahasiswa angkatan 2015 mengikuti kegiatan ini, mereka akan terbuka pikirannya mengenai organisasi-organisasi seputar Statistika. Selain itu tentu sangat diharakan kontribusi mereka kelak pada organisasi-organisasi tersebut. Sehingga dengan kontribusi dan partisipasinya mereka dapat mengharumkan nama Statistika ITS. (lkm)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *