The Future of Statistician

Sabtu, 23 April 2016 lalu telah berlangsung Seminar & Talkshow “The Future of Statistician”. Sesuai dengan tema yang diusung, acara ini dimaksudkan untuk menambah serta membuka wawasan mahasiswa Statistika ITS dalam dunia kerja sebagai seorang statistisi. Acara yang bertempat di Ruang T102 Jurusan Statistika ITS ini mengundang tiga orang pembicara yang merupakan alumni Statistika ITS dan berkompeten dalam bidangnya masing-masing.

Talkshow Alumni

Sesi pertama merupakan sesi seminar yang diisi oleh Mbak Ulfa Meida Nurmaya sebagai Kepala Unit Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo), Surabaya. Perempuan yang akrab dipanggil Mbak Maya ini dulunya mahasiswi S1 Statistika angkatan 2008 yang juga menempuh fast-track S2 jurusan Statistika ITS pada tahun 2011. Beliau memberikan wawasan mengenai bagaimana implementasi Statistika di bidang ekonomi.

Sesi kedua adalah sesi talkshow dimana terdapat dua pembicara. Pembicara pertama adalah Mbak Ni Luh Putu Satyaning dari divisi Monitoring and Evaluation Officer, CARE International. Mbak Satya dulunya juga mahasiswi S1 Statistika angkatan 2008 yang menempuh fast-track S2 di Prancis. Saat ini Mbak Satya berkarir di kancah Internasional dengan mengimplementasikan Statistika dalam bidang riset. Pembicara kedua yaitu Mas Jalu Handoko dari AIA, Jakarta. Mas Jalu yang merupakan alumni Statistika angkatan 2010 ini membuka wawasan peserta mengenai implementasi Statistika dalam bidang aktuaria. Saat ini aktuaria memang masih menjadi hal baru bagi mahasiswa Statistika ITS.

Tidak hanya memberikan wawasan dan berbagi pengalaman dalam dunia kerja, akan tetapi mereka juga memberi tips dan trik bagaimana persiapan untuk menghadapi dunia kerja. Menurut mereka selain harus memiliki softskillI yang bagus, pengetahuan mengenai isu-isu nasional maupun internasional, serta kemampuan berbahasa asing, seorang mahasiswa Statistika harus memiliki kepercayaan diri dalam kemampuan menganalisa sebuah masalah karena hal tersebutlah yang nantinya akan menjadi keunggulan dan nilai tambah dalam dunia kerja. (LarasatiDewinta)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *